Teori Grup

Penulis :

Agnita Siska P., M.Pd., M.Sc.

Maya Rini Rubowao, M.Si.

Rina Dwi Setyawati, M.Pd.

Dr. Rasiman, M.Pd.


ISBN : 978-623-6602-94-2

Sinopsis :

Bahan ajar berjudul “TEORI GRUP” yang terintegrasi dengan nilai karakter dan menampilkan koneksi matematika sekolah dilengkapi dengan latihan soal berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang mempersiapkan mahasiswa dengan kompetensi yang dibutuhkan dalam pembelajaran era abad 21.

Pengkajian tiap materi bahasan didasarkan pada satu atau lebih indikator. Urutan dalam pengkajian materi bahasan lebih dititik beratkan pada keterkaitan antar materi bahasan yang satu dengan materi bahasan yang berikutnya. Dengan urutan pengkajian materi bahasan semacam ini akan memudahkan dalam proses belajar. Tiap materi dalam bahan ajar ini disusun secara sistematis dengan mengelompokkan menjadi beberapa komponen yang saling berkaitan. Tujuannya adalah agar target pencapaian dalam kompetensi dasar dapat terpenuhi.

Selain itu, buku ajar ini merupakan hasil dari penelitian yang didesain dengan memperhatikan keterkaitan materi dalam aljabar universitas khusunya teori grup, dengan matematika sekolah. Hal ini didasarkan pada tujuan untuk mengatasi problematika ‘Klein’s Double Discontinuity’, dimana materi yang dipelajari dari teori grup tidak digunakan dalam matematika sekolah dan konsep materi di sekolah tidak didasarkan pada teori yang telah guru pelajari di universitas. Oleh karena itu, dengan hadirnya buku ajar ini mampu menumbuhkan kesadaran mahasiswa calon guru matematika akan pentingnya mata kuliah teori grup dalam pendalaman konsep di materi matematika sekolah.